#NR2015 D17: What’s Your Faved Genre?

Setelah D7, D9-D11 di buku cerita kecil gw, D8 di Naruto fanfic, D12 dan D15 balik lagi ke sini setelah men-skip D13 dan D14, daaaan keseluruhan postingan di atas itu berkutat dengan fiksi, sekarang mari kita bahas tentang genre favorit.

genreBerdasarkan situs ffn.net, genre cerita dibagi menjadi 20 jenis seperti gambar di samping. Ada genre yang digandrungi sejuta umat dan ga pernah habis topik alias romance atau cinta-cintaan, ada yang petualangan atau adventure, ada yang tentang crime, ada yang nyeremin atau horror, ada yang memacu rasa penasaran atau suspense, imajinasi tingkat dewa alias fantasy, pertemanan dan persahabatan friendship, ada juga yang suka sedih-sedihan bisa masuk ke hurt/comfort atau angst, suka yang tema ilmiah tinggal filter Sci-Fi. Dipilih! Dipilih! Tinggal pilih!

Kalau di situs ffn.net, satu cerita maksimum bisa dua genre. Bisa ngegabungin romance sama crime silakan, ngawinin horror dan parody ga apa-apa,  sci-fi sama family juga ga ada yang larang. Gimana imajinasi dan kreatifitas authornya itu mah.

Naaah, setiap orang pasti ada genre favoritnya. Genre yang pasti setiap nyari cerita buat bahan bacaan yang pertama kali difilter dan mejeng di faved story. Berikut adalah genre favorit gw dari urutan yang paling gw suka:

1. ANGST

Cerita dengan genre ini biasanya penuh dengan duka dan kesedihan. Pokoknya bikin hati mulai dari retak sampai hancur berkeping-keping. Sebut gw masochist karena gw seneng hati gw tersayat saat baca suatu cerita, hahaha XD Hidup itu ga selalu happy, meen! Ga bakal ada yang namanya ‘bahagia’ kalau kita ga mengenal rasa ‘sakit’. Gw sering dibilang aneh sama anak-anak di lab karena gw menikmati rasa ‘sakit’ itu. Cobalah berdamai dengan rasa sakit karena kita akan belajar mensyukuri rasa bahagia.

Oh iya, chara fav gw belum afdol kalo gw belum bikin dia menderita di cerita gw *evilish smirk*

2. FRIENDSHIP

Cerita tentang persahabatan sebenernya lebih menarik ketimbang romance (menurut gw). Apalagi kalo persahabatannya sedari kecil kayak Aomine Daiki-Momoi Satsuki. Aaah, untuk pair ini gw belum tega bikin cerita angst tentang mereka. Mereka terlalu imut untuk dibuat menderita. Pair ini sangat berpotensi menjadi romance tapi tetep mengedepankan sisi persahabatan mereka.

Karena gw sekarang masih aja tergila-gila dengan tv series SHERLOCK, persahabatan Sherlock Holmes dan John Watson yang dibawakan dengan sangat apik oleh Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman mendapat perhatian lebih dari gw. Mereka itu seolah udah ditakdirkan untuk saling melengkapi, deh! Nah, kalo deep friendship Sherlock-John, paling demen kalo udah dipasangin sama genre Humor, Family atau ANGST (teteup yaah harus banget pake angst). Berhubung fanfic berbahasa Indonesia tentang mereka itu amat langka, yaaah di faved story list gw kebanyakan English dan berkisar slice of life mereka. Ga usah yang pusing-pusing memecahkan kasus, kisah John yang kesulitan menghadapi Sherlock yang lagi kebosanan atau Sherlock yang iseng ngerjain John juga udah sangat menghibur.

Oooh, iya! Ada lagi friendship yang sangat berpotensi jadi angst! Yaituuu… HATAKE KAKASHI-UCHIHA OBITO! Kisah kecil mereka yang udah saingan terus gedenya pisah dan akhirnya berakhir bahagia itu sangat sangat berpotensi untuk digali lebih dalam.

3. FAMILY

Gw paling ga kuat kalo udah bawa-bawa keluarga. Apalagi kalau genre keduanya hurt/comfort atau angst. Bisa banjir bandang air mata gw. Ga kuaaaat! T__T Tapi di situlah sisi maso gw keluar. Tokoh yang enak gw ‘siksa’ kalau berurusan dengan keluarga adalah Hiruma Youichi, sang devil hero dari Deimon Devil Bats, Eyeshield 21. Tokoh-tokoh cool tapi baper emang enak buat ‘dimainin’, hahaha! Kisah antara Sherlock dan kakaknya, Mycroft Holmes, juga family pair favorit gw. Ada satu fanfic yang kerasa banget past-canon mereka berdua. Gimana Sherlock kecil sangat mengagumi kakaknya, pas remaja hubungan mereka retak dan hancur berantakan, sampai dewasa udah baikan cuma saling gengsi itu WOW!

4. CRIME

Crime-scene-do-not-cross-banner

Genre ini mulai gw sukai semenjak baca komik dan nonton S-Saigo no K3ikan (The Last Policeman). Kriminal dan pemecahannya itu ala-ala detektif dan ada twist plot bikin terus penasaran dan harus baca sampe abis. Tapi sayangnya, seinget gw cuma ada 2 cerita genre crime yang masuk fav list gw. Yang satu tentang mafia gitu, yang satunya lagi dibawainnya dengan sangat kocak dan seru! Yaah, mungkin gw juga males nyarinya.


Yap, mungkin segitu aja genre favorit gw. Untuk genre yang lain gimana mood aja sih. Gw suka romancedrama, western. Tapi gimana gw lagi mood baca genre apa. Ga apa-apa lah gw disebut picky, namanya juga kesukaan, ye ga?

These are my faved genre. So, what’s yours?


What are you thinking about this post?

