[MUST WATCH!] S-Saigo no Keikan (2014)

saigo no keikan

Haloha~ Ketemu lagi sama gw~ Akhir-akhir ini gw lagi keranjingan J-Drama (lebih dikenal dengan dorama). J-drama yang udah gw tamatkan adalah S-The Last Policeman atau S-Saigo no Keikan. Berawal dari hunting komik gila-gilaan di Gramedia Holiday Fair, gw nemu sebuah komik dengan judul S-The Last Policeman oleh Yoichi Komori dan Yutaka Todo terbitan Level Comic. Harga semua komik di situ cuma goceng! Gimana gw ga kalap? Hahaha…

Pertamanya sih, gw abaikan tuh komik. Tapi, pas gw liat penerbitnya dari Level, kayaknya berat nih ceritanya. Gw minta wangsit lah ke mbah gugel dan ternyata genrenya seinen, berat-berat gitu temanya ga jelas yang bener atau yang salah yang mana. Waah, seru nih, pikir gw. Gw langsung beli 4 volume sekaligus. Di Indo baru terbit segitu, padahal di Jepangnya udah 13 dan masih on-going *sigh*.

Terus, kata temen gw, ada Live Actionnya. Gugling lagi deh gw. Ternyata cuma 10 episode, sodara! Tanggung amat, yah? Setau gw yang namanya Live Action itu cuma on shot, sekali beres. Dan gw yang terbiasa nonton anime yang minimal 25 episode merasa ini terlalu dikit. Lagian, komiknya kan belum beres, ko 10 episode udah tamat? Makin penasaran lah gw dan donlot langsung semuanya *menatap miris kuota modem*

Dan dan dan dan, ketika gw bandingkan dengan komiknya, ini SERU BANGET! SERU POKOKNYA! Meskipun ada beberapa perbedaan dengan komik aslinya (well, biasanya yang namanya Live Action gini nih), gw tetep enjoy menikmati tiap adegannya!

Oke, gw mau cerita dari sinopsisnya dulu yah. Here we go!

Setelah kejadian pembajakan pesawat Jepang pada tahun 1977, Jepang membentuk sebuah tim khusus anti teroris untuk mengatasi kasus yang tidak bisa ditangani oleh satuan polisi biasa yang disebut S. S ini dibagi menjadi dua divisi SIT (Special Investigation Team) dan SAT (Special Assault Team). Prinsip mereka adalah “mengendalikan” pelaku. Dengan kata lain: diizinkan untuk menembak mati pelaku di tempat. Baru-baru ini, dibentuk lah S ketiga yang bernama NPS (National Police Safetyrescue) untuk menangkap penjahat hidup-hidup. Prinsip NPS adalah “mengamankan” pelaku, prinsip yang amat bertolak belakang dengan SAT.

NPS

Ichigo Kamikura, mantan petinju, masuk ke dalam NPS di tahun keduanya sebagai polisi karena keinginannya yang kuat untuk melindungi penjahat, sama seperti prinsip NPS. Keahliannya adalah pertarungan jarak dekat dengan tinjunya dan ia amat payah dalam hal menembak. Menurut Ichigo, jika penjahat itu mati, maka korban tidak akan memiliki tempat untuk melampiaskan semua kekesalan dan kemarahannya. Untuk itulah, ia mati-matian menjaga prinsipnya.

Berbeda dengan Iori Soga, sniper terbaik di SAT. Ia tidak akan segan-segan untuk menembak mati penjahat. Menurutnya, pendapat Ichigo itu sangat tidak masuk akal. Untuk apa penjahat dibiarkan hidup jika 50% penjahat yang sudah keluar penjara kembali melakukan kejahatannya? Dan ia selalu bersitegang dengan Ichigo.

Ternyata, dua orang ini memiliki masa lalu yang kelam sehingga membentuk kepribadian masing-masing. Ada beberapa kasus yang mengharuskan NPS dan SAT bekerja sama, jadi Ichigo dan Iori sering bertemu. Belum lagi ada hidden agenda dari seorang petinggi kepolisian di pemerintahan.

Naah, itu sedikit sinopsis dari S-Saigo no Keikan. Jangan banyak-banyak, ntar malah spoiler, hehehe…

Menurut pendapat pribadi gw, tema yang dibawakan itu menarik. Crime yang dibungkus dengan adegan action yang seru! What else? Gw bingung, kenapa ada beberapa yang bilang drama ini kurang menarik? Itu sih pendapat gw, adegan penggrebegan dan aksi yang dibawakan disajikan dengan efek yang bagus. Drama ini selalu mendapat rating di atas 12% tiap episodenya.

Iori Soga

Iori soga-nya itu looh, ganteeng! *klepek-klepek* Ichigo Kamikuranya juga lumayan lucu mukanya, hehehe… Awalnya, gw merasa Ichigo-nya terlalu kecil, soalnya kalo di komik itu digambarkan jadi seseorang yang tinggi besar mantan petinju profesional. Tapi, semakin gw tonton, bukan masalah besar dan gw tetep enjoy menontonnya.

Ayano Go yang jadi Iori Soga bisa membawakan karakter Iori yang dingin, cool, pinter dan pasti ganteng. Klo yang ini pas banget, dan klop ketika disandingkan dengan Mukai Usamu yang jadi Ichigo. Aaa, gimana gw ga melting ngeliat adegan mereka berdua yang keren pake banget ini?

Di bawah ini adalah screenshots beberapa adegan. Kalo yang punya ade di bawah 15 tahun kayaknya jangan diajak nonton bareng yah, soalnya banyak adegan tembak-tembakan dan tonjok-tonjokannya.

captain yokokawa aki practice Kiriyama Class NPS vs SAT office

Ada beberapa poin plus dari drama ini:

  1. Crime + action! I’m in heaven~
  2. Untuk dramanya lumayan dapet, ada adegan sedihnya, background Iori Soga yang menyaksikan kakak perempuannya dibunuh oleh penjahat yang udah memperkosanya 5 tahun yang lalu itu bikin gw pengen puk-pukin Iori. Sambil latihan nembak, Iori-nya nangis masaa =A=
  3. Pendalaman karakternya kuat meskipun baru beberapa episode awal. Diceritain juga kehidupan beberapa anggota NPS yang nantinya terlibat dalam sebuah kasus.
  4. Adegan operasi penangkapan kriminalnya mantep! Recommended untuk yang suka adegan tembak-tembakan, tapi jangan ngebayangin kayak perang gitu yah.
  5. Sifat anggota NPS-nya macem-macem, jadi bikin ga boring.
  6. Ceritanya simpel, ga terlalu bikin muter otak. Tinggal menikmati tiap adegan dan drama yang disajikan ajah.

Klo ada plus, ada minusnya juga yah biar imbang:

  1. Kisah masa lalu Ichigo beda sama yang di komik. Klo di komik, Ichigo waktu kecil yang menyaksikan kedua orang tuanya ditembak oleh penjahat dan si penjahatnya ditembak di kepala oleh seorang polisi. Kalo di sini, temen masa kecilnya, Yuzuru Munakata, yang orang tuanya ditembak. Jadi, Ichigo statusnya hanya terlibat dan itu yang membuat background Ichigo kurang kuat di drama ini. Padahal, lebih baik kalo cerita masa lalunya dipertahanin sama kayak komik aslinya. Jadi, dasar dia mempertahankan prinsip “tidak akan membunuh penjahat” bisa lebih kuat.
  2. Kedatangan karakter baru, Iruma Hayashi, sniper wanita untuk NPS terkesan ga terlalu guna. Soalnya, dia baru masuk di episode 9 sedangkan cerita cuma 10 episode. Jadi, ga terlalu ngambil andil banyak.

But, over all, two thumbs up untuk drama action Jepang yang satu ini! MUST WATCH!

Oke, sekian review dari gw. Gw mau lanjut nonton dramanya Ayano Go yang satu lagi, hasil kepoin dia di mbah gugel. Aaaa, gw jadi kesengsem sama dia jadinya~

Klo mau donlot, silakan ke forum indowebster, udah lengkap sama sub indonya. Hargai karya anak bangsa yaah :D


What are you thinking about this post?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s