Selamat Jalan, Guru Kami Tercinta :’)

Hari ini, Jumat, 11-11-11 pukul 11.00 telah berpulang ke Rahmatullah salah satu insan, pembesar, pecinta, kepala sekolah, guru, dan ayah terbaik kami, Bapak H. Ta’minuddin. Semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa dan menerima semua amal soleh Beliau, aamiin :’)

“Pak tamin meninggal brusan . semuanya doain pak tamin smoga dtrima disisi Allah . Amin .” 10:53:26

Deg.

Shock.

Kaget.

Ga percaya.

Saya mendapat sms barusan dari seorang adik kelas saya di sekolah saat saya sedang berada di lab GC lantai 3. Kontan saya segera turun ke lantai 1 untuk menemui salah satu karyawan sekaligus kakak kelas saya.

“Kak, Pak Tamin beneran meninggal?”
“Iya, barusan juga langsung banyak sms sama BBM.”

Saya masih tak percaya. Saya buka timeline dan home facebook dan semuanya berkata sama: INNALILLAHI WA INNAILAHI RAJI’UN TELAH BERPULANG KE RAHMATULLAH GURU KITA TERCINTA PAK TA’MINUDDIN.

Oke, saya masih tidak percaya dan mencoba mencerna kalimat itu.

Saya putar memori saya tentang kenangan bersama Beliau.

Kelas 3 adalah pertama kali saya kenal secara langsung sosok Beliau. Beliau masuk pertama kali pada saat teori analisis kimia terpadu dan menjelaskan tentang lemak. “Nama saya Ta’minuddin. Inget aja VITAMIN, pasti inget saya,” ujar Beliau sambil tersenyum. Dan anak-anak pun tertawa renyah. “Saya lulusan SAK, lalu saya mengajar di sini dan alhamdulillah diangkat menjadi kepala sekolah ini. Hidup dan mati saya untuk SMAKBO.”

Beliau adalah mantan kepala sekolah saya dan meskipun sudah pensiun dan sepuh, Beliau tetap mengabdi pada SMAKBO tercinta. Satu-satunya yang pernah menjabat Ketua PP SMAKBO selama 2 periode berturut-turut dan Beliaulah yang menyatukan pemikiran yang pada masa itu masih bergolak berbagai macam paham di negeri ini. Beliau sangat rajin ke mesjid dan Dhuha tak pernah lepas jadi jadwal harian solat sunahnya.

–Pengalaman pribadi saya–

Hari itu adalah praktik Proksimat. Kelompok saya, yang seharusnya 4 orang (Ajeng, Akbar, Ferina, Rania) tinggal 2 orang (Saya dan Ferina) karena Ajeng sakit dan Akbar ada susulan. Kelompok saya mendapat giliran penetapan lemak. Dan saat itu yang biasa memberi kuis adalah Pak Ta’min. Kami berdua sangat blank tentang penetapan yang satu ini. “Sekarang kita diskusi tentang bagan kerjanya,” ujar Beliau. Beliu bertanya kepada kami dan kami menjawab dengan ragu-ragu karena takut salah. “Jangan ragu-ragu donk jawabnya, harus pasti!” ucap Beliau memotivasi kami sambil tersenyum (saya masih ingat nada Beliau ketika mengucapkan ini :’) ).

Lalu sesudah itu kami diajari cara memegang perforator dan soxhlet lalu memasangkannya pada kondensor dengan benar. Tak terasa penetapan pun selesai walaupun hanya berdua.

Pada saat mau ujian akhir AKT (Analisis Kimia Terpadu) tentang pupuk, sabun, semen, tanah, dan minyak atsiri, kami (anak kelas 3) mencari referensi sebanyak-banyaknya. Kebetulan saya dan Akbar tidak terlalu mengerti tentang pupuk. Kebetulan ada Pak Ta’min di kantin dan sedang makan. Saya dan Akbar agak segan bertanya kepada Beliau karena tidak enak Beliau sedang beristirahat. Tetapi akhirnya kami memberanikan diri.

“Assalamualaikum, Pak.”
“Waalaikumsalam, kenapa, nak?” (tersenyum)
“Ini Pak, kami mau bertanya tentang pupuk”
“Yaah, silakan. Mau bertanya tentang apanya?”
Dan Beliau pun menjelaskan kepada kami lengkap tentang pupuk sampai kami berdua mengerti.
“Naah, udah ngerti?”
“Sudah, Pak.”
“Sekarang saya mau ke lab lagi yah, mau nguis yang mau ujian lagi.” (tersenyum)
“Iya, Pak. Terima kasih banyak yah, Pak.” (Saya dan Akbar kegirangan dan sangat berterima kasih kepada Beliau)

Saat sedang maraknya lagu Udin Sedunia, saya dan anak-anak sering bercanda, “Udin yang di akt namanya Ta’minuddin.” Ya Allah, ampuni kami. . . (β•₯_β•₯)

–end–

Itu kisah pribadi saya dengan Beliau. Mungkin banyak teman-teman yang lebih mendalam mengenal Beliau, sebagai tempat konsultasi PKT, penguji seminar, bahkan penguji sidang kelulusan. Tetapi, walaupun cuma sebentar dan sekilas pengalaman saya berinteraksi dengan Beliau, sangat mengena di hati saya.

Pak Ta’min adalah sosok yang murah senyum kepada siapa saja. Selalu memakai koko ke sekolah dan menyapa anak-anak. Sebuah loyalitas yang sangat tinggi untuk almamater yang amat Beliau cintai ini.

Dan kini semua itu tinggal kenangan.

“Beliau seorang guru yg tidak sekedar memberi ilmu tetapi juga arti pengalaman hidup. Hidup yang mengalir bagi air dan beliau berpesan: ‘Bangunlah bila kau terjatuh’.

Beliau bukan sekedar pahlawan tanpa tanda jasa tapi pahlawan yg sangat berjasa,
penerang cahaya dalam kegelapan pikiranku, penghapus kebodohan dalam otakku.
Sekarang……beliau telah tiada.
Walau tidak akan pernah bertemu lagi,
Tapi…akan selalu dekat dihati
Andai waktu bisa kembali
Ingin rasa bertemu sekali lagi
Untuk ucapkan, **TERIMA KASIH**

Yaaa Allah…….
Ampunilah segala dosanya, terimalah beliau disisi Mu
Semoga aku bisa membalas jasamu dan bisa meneruskan perjuanganmu
Selama ini…..dan sampai saat ini…..

Selamat jalan Bapak…” -Bu Yang Rita-

Kami adalah anak-anak yang masih harus banyak belajar tentang kehidupan. Terkadang kami menyusahkanmu, memancing emosimu. Tetapi Engkau tetap menghadapi kami dengan senyumanmu. Senyuman yang membuat kami malu akan tingkah laku kami. Senyuman yang memotivasi kami agar selalu menjadi lebih baik. Terima kasih, Pak.

Mungkin postingan ini tidak akan cukup untuk membalas semua pelajaran yang Bapak berikan kepada kami, khususnya saya pribadi. Tapi izinkanlah saya untuk tetap menceritakan kebaikan-kebaikan Bapak agar selalu terkenang oleh penerus-penerus analis yang dilahirkan oleh SMAKBO tercinta ini :’)

Selamat jalan guru tercinta kami, ayah terbaik kami, putra terbaik SMAKBO, Pak Ta’minuddin :’)

Your smile is everlasting in our memory :')

Jujur, air mata saya meleleh lagi ketika membuat postingan ini :'(


One thought on “Selamat Jalan, Guru Kami Tercinta :’)

What are you thinking about this post?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s