#curhatPKT 2: dari Agro sampai ke Tanah

Kelompok udah ada kan yaah, komoditinya juga udah dibagiin, saatnya beralih pada tugas berikutnya: PEMBUATAN PROPOSAL *jengjeng!*

Sehari setelah pembagian komoditinya, besoknya tuh perpus yang biasanya terlihat luaaas dan terasa adeeeem mendadak jadi sumpek, gerah, hareudang, sempit, hot, atau apapun itu dengan beratus-ratus spesies yang bernama KELAS 4! Ya Allah, itu keringet bercucuran cuma buat nyari contoh proposal dan literatur Mana kalo ada pengumuman dari bidang pendidikan keterampilan di perpus juga lagi, hheuuu, minta ampun dah…

Udah dapet tuh yah contoh proposal, perjuangan belum terhenti sampe di sini… Ga mungkin donk kita copas tuh proposal kaka kelas bulet-bulet *emangnya makanan*, kita ngeliat apa sih bedanya Introduction ama Literature Review, standarnya gimana, perkiraan pereaksi dan harganya, semacam gitu laah… Trus nyari bahan buat nyusun Literature Review-nya itu tiada hari tanpa ke perpus… Jumlah angkatan gw sekitar 250an, jadi udah kebayang gimana sumpeknya tuh perpus?

Kelompok PKT 7 pun tak luput dari ritual di atas… Begadang nyari literatur di internet, ngumpul bareng tiap pulang sekolah, ngapelin perpus juga, demi membuat proposal yang baik dan benar *padahal mah tetep we salah, da belum dikasih panduan proposalnya berdasarkan aturan baku bahasa Indonesia*…

Naaaah, komoditi kita tuh sedikit literaturnya di perpus sekolah, akhirnya janjian deh ama kelompok lain wt pergi ke Balai Besar Industri Agro (BBIA) nyari bahan… Sekedar info, dulu itu BBIA, SMAKBO, ama AKA (Akademi Kimia Analisis) dibilang ‘adik-kakak’ gara-gara sekomplek gitu bangunannya, sekarang mah udah beda… Dan ternyata di BBIA ini kebanyakan makanan dan minuman! Salah tempat dah kita Gw ama Thika uda ngubek-ngubek perpus BBIA tapi ga ada yang menyangkut tentang pupuk organik, sekalinya pupuk ya pupuk sintetis… Begitu juga Ramdha di perpus IPB Pasca Sarjana, hhh

Tapi bukan PKT 7 namanya kalo kita menyerah begitu saja! *semangat 54* Setelah beberapa jam nyari, akhirnya nemu juga tuh buku AOAC, buku Official Method of Analytical Chemistry, yang isinya panduan metode semua praktik kimia analisis, SNI juga ngambil dari sini… Alhamdulillah yaaah~ Alhamdulillah juga standar kita langsung ada nomor AOAC-nya, ga kebayang harus nyari 1 buku wt nyari metode doank…

Kalo ga liat langsung mungkin ga percaya ini buku TEBELLLL BANGET!! Berapa lapis? RIBUAN!! Щ(ºДºщ) Enaknya ni buku kalo ga buat dijadiin bantal tidur, buat ngelempar maling… Dan kalian tau berapa harganya? 14 juta!  udaaah, ga usah lebai gitu kagetnya -___-” Apa perlu kita gadai motor kuningnya Ramdha buat beli buku ini? Hihihihi *ketawa setan*

Oke, pencarian hari pertama bisa dibilang cukup sukses, karena ga sedikit kelompok yang pulang dengan tangan kosong…

Pencarian hari kedua, niatnya kita mau ke perpus Balai Tanah di seberangnya BBIA… Pas kemaren gw ama Thika tanya sih perpusnya masih ada di sini… Capsusslah kita berdua ke Balai Tanah siang-siang…

Gw ama Thika nungguin Ramdha *yang ternyata ga bawa motor* di depan gerbangya… Maksud kita sih biar ketuanya yang minta izin, kan kemaren udah kita berdua…

Pas minta izin, itu suara si Ramdha kenapa berubah jadi ngebass banget? “Selamat siang pak, kami dari SMAKBO ingin mencari literatur.” serasa ngedenger suara pengumuman buku baru di Gramed, hahaha ;p Dan taukah kaliaaaaan? Setelah nungguin lama-lama, ternyata PERPUSNYA UDAH PINDAH!! Geez..

Pindahnya ke Cimanggu, Jalan Tentara Pelajar… Dan itu lumayan jauh dari siniiii… Panas pula, kalo kulit gw item gimana? *hoeeek*

Noooh, peta perjalanan kita bertiga pake anchooot *biar keren*

Oke, perjalanan kita emang ga harus keluar Bogor, ke stasiun, ke BSN, ke perpus Univ.Pancasila, sampe harus konsul ke mahasiswa farmasi segala, *lirik PKT 3: @daddinos, @arissalea, @dewirahmatika*… Tapi itu loh yah, PANASNYA GA NAHAN!!

*sekali lagi* PANASNYA GA NAHAN!!

Itu subhanallah banget panasnya, dan kita hampir nyasar bablas ke Cimanggu sono… Mana gersang banget itu balai, luas bangetan deh… Ternyata katanya Balai Tanah mau pindah ke sini, ke gedung baru, alasannya masih di depan BBIA itu gara-gara gedung barunya lum beres…

Kita istirahat dulu di pos sambil ngadem, Ramdha beli aqua botol langsung abis dalam waktu kurang dari 10 detik ama kita bertiga… Jalan-jalanlah kita nyari gedung baru Tanah dimana… Ada pos jaga gitu, kita nanya deh,

“Pak, perpustakaannya dimana yah?”
“Ooh, belok ke situ de.”
“Terima kasih pak”
 “Tapi pake name tag visitor dulu de, kartu pelajar jaminannya”
Gw ngeluarin kartu pelajar “Ini pak”

Ceritanya udah ketemu tuh perpusnya, dan ternyata lagi SALAH PERPUS!! Ini perpus Pasca Panen, bukan Tanah *gogoleran di aspal*

Balik lagi dah kita ke pos jaga yang tadi, kartu pelajar gw ambil lagi… Nanya perpus Tanah di mana, si bapak satpamnya ga tau dimana, dia cuma tau gedung barunya doank…

Jalan (lagi) kita nyari-nyari perpus Tanah dimana, muter-muter sekomplek, debunya meeen, udah tau lah proyek bangunan kayak gimana… Daaaaaan, kita akhirnya nemu perpus Tanah  *senang tak terperikan*

Ada ibu-ibunya, baiiiik deh, jadi suka *eh… Tapi satpamnya ga banget -_-” Ada peta tentang pertanahan gede banget, bahkan ada yang dari UGM nyari literaur ke sini, ckckck…

Tapi, hasilnya NIHIL. *sabar, sabarrr*

Ibu-ibunya kasian kali yah, akhirnya kita dikasih pdf tentang pupuk, cara bikin pupuk, dan cara analisisnya… Tak apalah, yang penting ada…

Begitulah perjalanan PKT  7 dalam mencari literatur yang tertukar (?), sungguh amat panjang yah? Tapi alhamdulillah, kita ga nyampe nangis darah ko bikin proposalnya, kalian ga usah khawatir *iyyuhh bangeet* Proposal selesai aman sentosa :D

Yupp, see you on next post: #curhatPKT 3 


2 thoughts on “#curhatPKT 2: dari Agro sampai ke Tanah

  1. Jadi inget pengalaman waktu PKT… Ga separah itu sih. Tapi muter-muter cari perpus yang tepat emang sesuatu banget ya :-)

What are you thinking about this post?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s