TOEFL (Test Of English as FUN Language)

Kurang lebih 2 minggu yang lalu gw ikut TOEFL Prediction sama temen-temen gw di Plaza Jembatan Merah yang diadain sama penyelenggara AFS (Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri)… Gw diajak ama Donna, karena GRATIS gw ikut… Gw pengen tau, kayaq gimana sih TOEFL itu? Apa bedanya ama TOEIC (Test of English as International Communication)… Kalo lum tau TOEIC, pasti semua anak yang masuk SMAKBO bakal ngerasaain test ini… Makanya, masuk SMAKBO, hahahahaha *penghasut*… Ternyata banyak juga temen-temen gw yang ikut… Pas gw dateng ke tempatnya isinya 98% anak SMAKBO semua!! Weeeww… Akhirnya gw bismillah dengan persiapan gw yang iseng-iseng nyari sedikit latihan TOEFL online di internet…

ENG! ING! ENG!

Ada 3 sections di lembar soalnya: LISTENING, GRAMMAR, READING… Dimulailah kita mengerjakan bagian listeningnya…

Dengerin ->> ngebuletin jawaban ->> dengerin ->> ngebuletin jawaban

KAGAK ADA MIKIRNYA SAMA SEKALI!! Dewa banget dah itu listeningnya!! Cuma 2 detik doang wt mikir itu mah!! Mana cepet banget lagi itu ngomongnya!! Pas bagian ngerti apa yang diomongin, ga ada waktu wt milih jawaban. . . Ancur dah ini mah listening gw. . .  -_________-”

Oke, pas grammar section sih gw ngerasa bisa, karena gw suka grammar! Gw merasa di atas angin pas bagian ini *ceilaaaah*… Serasa ngerjain soal ulangan tentang error recognizition…

Pas bagian readingnya, Masya Allah ntu panjang amat artikelnya *penyakit males gw keluar*… Tapi mau ga mau harus dibaca…

Selesailah sudah TOEFL yang gw lalui bersama teman-teman gw tercinta… Dan scorenya yang gw dapet 3 hari kemudian, Alhamdulillah tidak mengecewakan untuk orang yang awam Bahasa Inggris seperti gw, di atas 460 laaah, hehehehe… 

Naaah, ini ada tips dari gw kalo mau ikut TOEFL, kalo yang lebih memilih mengalokasikan dana ke yang lebih penting dibanding ikut TOEFL Preparation ato udah jago jadi ga usah ikut kayaq begituan:

  1. Sering-sering latihan soal-soal TOEFL. Sekarang udah banyak buku di toko buku *masa di matrial?* tentang soal dan pembahasan TOEFL, kalo ada koneksi internet di rumah juga banyak tersedia latihan online kayaq di sini http://www.learn4good.com/languages/spec_english_toefl.htm ato ga nanya aja ke Mbah Gugel.
  2. Sering-sering ngedenger orang ngomong bahasa Inggris. Bisa dari nonton film tanpa subtitle, ngedengerin lagu asing, ato ngegodain orang bule di Kebon Raya, hahahaha…. =P
  3. Latihan ama temen-temen ngomong bahasa Inggris. Cas-cis-cus aja laaah, ga usah takut salah ngomong bahasa Inggris, kan kita masih belajar. Kecuali kalo lu udah lahir di Amerika ato Inggris dan lebih dari 10 tahun tinggal di sono.
  4. Berdoa. Yup, jurus pamungkas yang sangat sakti ini jangan sampai dilupakan. Kita udah berusaha tinggal menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pokoknya, jangan jadikan bahasa Inggris itu beban dan momok yang menakutkan… Have fun aja, kalo kita senang semuanya bakal terasa ringan… So, MAKE ENGLISH AS FUN LANGUAGE ^^

One thought on “TOEFL (Test Of English as FUN Language)

What are you thinking about this post?

