3 SMAKBO vs 3 SMA

Ini bukan postingan tentang tawuran, berantem, lomba atau apapun… No offense here…

Ada apakah saya tiba-tiba mengambil judul yang sedikit sensitif, krusial, dan fenomenal ini??

Gw sengaja ngambil judul pake angka ‘3’ soalnya emang di kelas ini SMAKBO dan SMA sangat terasa berbeda! Jadi… Jadi… lanjut baca aja daah…

Gw nulis ini ketika gw besok masih ada ujian satu hari lagi, sedangkan temen-temen seangkatan gw di SMA udah tidak berstatus lagi jadi seorang siswa SMA alias udah LULUS!! *garuk-garuk tanah* Udah ada yang keterima di jurusan favorit lewat jalur undangan, ada yang lagi nungguin hasil SNMPTN, ada yang lagi belajar wt SIMAK, tapi ada 1 kesamaan di antara mereka: MEREKA UDAH LULUS. *garuk-garuk aspal*

Sedangkan gw di sini masih harus deg-degan dengan ujian praktek (Analisis Jenis, Analisis Instrumen, Analisis Kimia Terpadu) yang sensasinya mengalahkan sensasi UN, berurusan dengan sinar alpha, betha, gamma di kimia inti Kimia Fisika, masih harus memahami bagan AAS di Analisis Instrumen, menghitung kadar logam campuran di Kimia Analisis, mengalami eksploitasi otak dengan menghapal karakteristik 10 unsur yang sampe Β 1 modul di Kimia Anorganik, dan menguraikan tentang lipid, protein dan turunan benzene di Kimia Organik.

Apakah gw iri dengan temen-temen gw yang duluan lulus? SEDIKIT

Apakah gw menginginkan kebebasan seperti mereka? SEDIKIT

Apakah gw ingin merasakan eforia lulus dalam 3 tahun? SEDIKIT

Laaah, kenapa sedikit-sedikit gini?

Karena: Apakah gw menyesal telah masuk SMAKBO? TIDAK

Itulah kenapa gw hanya sedikit iri terhadap temen-temen gw *walaupun gw sering ngebahas anak-anak SMA yang udah lulus sama temen-temen gw di skul, hahaha*

Kenapa gw ga menyesal? Karena gw tau orang tua gw selalu menginginkan yang terbaik bagi gw, gw juga ingin membanggakan mereka… Di SMAKBO ini memang terasa sangat berbeda… Dari yang masa pembelajarannya 4 tahun, kurikulumnya, atasan kita (kalo SMA dan SMK lain itu diknas, kita Kementrian Perindustrian), pola pikirnya, jadwalnya, banyak deh kalo diuraikan…

Tapi itulah yang membuat gw bangga sekolah di sini: BERBEDA… Yap, berbeda. Satu kata yang bisa membangkitkan gw dari kemalasan, keterpurukan, kedepresian *lebayyy* pokoknya mah bisa membuat gw bersemangat kembali deh! Gw ga mau disamain ama orang lain, gw harus berbeda dan punya ciri khas, itu prinsip gw… Dengan masuk ke sekolah ini gw pengen berbeda dari temen-temen gw…

Banyak blog yang membahas kelulusan SMA ini… Mayoritas pertanyaan yang mereka lontarkan: Apakah mereka (anak SMA yang baru lulus) ga khawatir udah lulus mereka mau jadi apa? Apakah mereka ga sadar, setelah senang-senang merayakan kelulusan mereka akan langsung terjun ke kehidupan nyata yang sama sekali berbeda?

Alhamdulillah, gw diizinkan oleh Allah masuk ke sekolah ini… Karena pertanyaaan di atas bisa gw jawab dengan lantang: GW GA KHAWATIR GW UDAH LULUS JADI APA KARENA GW UDAH KERJA.

Gw ga menyalahkan orang yang masuk SMA, seperti yang gw bilang di awal: NO OFFENSE HERE… Gw cuma pengen menghibur temen-temen yang seperjuangan sama gw menjemput ilmu selama 4 tahun bahwa kita ga sia-sia mengorbankan satu tahun lebih lama dari yang lain karena kita akan mendapatkan hal yang sebanding dengan perjuangan kita, kita bisa langsung megang uang (dapet gaji), bisa terjun ke kehidupan nyata tanpa ragu-ragu, kita ga usah lagi galau “Ntar gw kerja apa dan dimana?”… Dan buat yang nerusin ke kuliah pun sama, kita udah tau jurusan apa yang kita pengen dan prospek ke depannya wt pekerjaan, dan kita pun mempunyai keluarga alumni yang sangat solid tersebar di seluruh Indonesia yang siap membantu kita… Jangan bersedih hati kawan! Gw dan lu sama…

Wt anak-anak SMA yang baru lulus dan meneruskan kuliahnya, jangan dendam yaah baca ini, hehehe… Setiap orang itu ada jalan dan rezekinya masing-masing… Gw jalannya ini dan lu jalannya masuk SMA, kita punya rezeki masing-masing yang ga bakal ketuker… So, keep struggle, guys!


What are you thinking about this post?

