1600derajat Celcius itu dingin??

Apakah topik pembicaraan kita kali ini??

Karena berhubung pas hari Rabu gw ru belajar megang Flamefotometer, mari kita bahas!

OK, apakah flamefotometer itu?

Sebuah fotometer nyala adalah alat yang digunakan dalam analisis kimia anorganik untuk menentukan konsentrasi ion logam tertentu, di antaranya natrium, kalium, lithium, dan kalsium. Penetapan kadarnya berdasarkan atom yang terekstasi lalu mengeluarkan emisi berupa cahaya dan %emisi itu yang dibaca oleh alat… Waktu semester 5 kemaren kita belajar spektrofotometer, si logam kita ubah dulu ke dalam bentuk senyawa yang mengandung kromofor biar bisa dibaca sama spektrofotometer UV-VIS… Kalo di flame ini, si logam langsung dipanasin biar jadi bentuk atomnya…

http://en.wikipedia.org/wiki/Photoelectric_flame_photometer

Naaah, ini bisa dibilang mbahnya AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer), soalnya alat ini cuma bisa deteksi logam Na, K, Ca, sama Sr aja… Filternya terbatas dan kurang sensitif… Logam yang laen udah banyak kulitnya, jadinya flame ini udah ga sensitif lagi… Lagian flame ini cuma bisa sampe suhu 1600o Celcius doank yang kata c logam tuh DINGIN! Kalo manusia mah udah tau kemana nyawa, daging, tulang, dan namanya

Kalo AAS itu sekita 2200o – 2600o Celcius dan semua logam bisa kedeteksi sama diitung kadarnya ma dia… Ada lagi ICP-AES yang pake plasma bisa nyampe 6000 K, tapi kata si plasma ini masih plasma dingin Plasma yang panas itu 10.000 K! *logam maennya panas-panas amat sih??!*

Jadi pelajaran yang dapat diambil: PANAS DINGIN ITU RELATIF (1600o Celcius itu dingin wt logam dan dingin juga wt manusia *manusianya udah tewas jadi ga bisa ngerasain panas lagi*)

Berhubung flame di lab AI 2 udah sepuh (Bu Yati masih siswa juga udah ada), filternya cuma ada wt Na dan K aja… Dan butuh waktu rada lama wt nyalain apinya…

Lagi pada menghomogenkan deret standar, mukanya AB kocak! Hahaha :D
Ini dia FLAMEFOTOMETER JENWAY yang udah sepuh
Ini kondensornya
Ini dia yang kocak, masa bahan bakarnya Gas LPG 12 kg???
Gara-gara keabisan gas tabung gede - - "
Ini tabung gas yang asli

Yang tentang AAS gw prakteknya minggu depan, ntar deh gw post lagi yang AAS… Selamat berinstrumen ria !


4 thoughts on “1600derajat Celcius itu dingin??

  1. nice post brader,,
    lumayan buat inget” lagi,cz klo nyari buku modul udh entah kmna,hahaha

    tmbhan,klo bsa msukin softcopy modul,cz kpake bgt mpe kpn jg,,

    lanjutgan,^^

    salam,

    Willy
    Angstrom Hero 52nd

What are you thinking about this post?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s