Cerita “INDAH” seputar semesteran (sesi praktek)

Rabu, 15-12-2010 ->> ANALISIS INSTRUMEN PRAKTIK

Hmm, tinggal sisa dua niih sesi prakteknya… Pas malem rabu, gw capeeee banget… Tapi untungnya dah motokopi bagan AI dari Ferina.. Tinggal ngapaliiin pagi-pagi… Gw bangun jam 3 ato jam 4 gitu kalo ga salah mah wt ngapalin tuh 7 buah bagan kerja… Entah kenapa di pikiran gw yang keluar kalo nitrit, Mn-Cr, ya Fe-Ophen… Ga ada bayangan sama sekali C-organik ato fosfat.. Aaah, tapi paur-paur we gw ngapalin semuanya.. Yaah tapi, yang C-organik gw lupa mulu.. Ya sudahlah biarin aja… Sambil nyapu gw ngapalin, sambil mandi, sambil tiduran.. Gw apalin aja letak-letak penetapan di bagan itu (dasar tipe visual, hahaha)  lambda maxnya, deret standarnya, dan segala tetek bengeknya deuuh…

Ehh, c ramdha sms, “Cil, masuk jam berapa?” “Jam 1 kali, ga tau gw..” “Lu mau berangkat jam berapa, cil?” “Jam 8 an laah, sekalian belajar di skul…” Trus gw smsan ama rimon tentang AI…

Trus akhinya gw berangkat tuh jam8 tanpa tau masuk jam berapa..

Untung we gw berangkat jam 8, tau ga? MASUKNYA JAM 1/2 11! Hehehe, tadi niatnya c berangkat jam 10, hahaha… :D

Alhasil, gw belajar SOP alat dulu.. Lupa ngapalin SOP di rumah, hahaha (dudul)… Ngapalin tuh gw bareng-bareng ama temen seperjuangan sekelompok VIII ujian praktek gw… Aaah, sudahlah pokoknya begitu…

Jam 1/2 11 tiba lah sudah… JRENG! JRENG! JRENG! Kocok, kocok, kocok, ambil, ambil, ambl, gambling, gambling, gambling (naon c?) dan dapet lah gw……………….

Fe-OPHEN 6!!!! YEAHH!! HUAA!! (lebaai, =P)

Masang muka poker face ->> mikir dulu bentar ->> jalan ke meja kerja sambil masih megang soal ->> duduk yang tenang ->> liatin pereaksi sama alat-alat ->> tarik napaaaaaas, hembuskaaaaan (Hhhhhh….) ->> BISMILLAH! ->> Ngitung ppm standar dan preparasi

Dah dapet tuh gw ppm standarnya 100 ppm, trus kata sampelnya perkiraan 20 ppm… Gw bikin aja perhitungan deret standar 0-60 ppm (padahal maksimal 2! Shit! Gw lupa!)… Gw minjem alat dan siap-siap mau bikin, bu Pupung udah mau meriksa perhitungan gw… Tapi gwnya lagi preparasi buret ya udah ga jadi… Eh, gw baru inget! Sampelnya itu harusnya diencerin!! Ngulanglah gw ngitung deret standar sampe sepersepuluhnya! 0-6 ppm.. Untung wee (lagi-lagi hoki) lum diperiksa, hehehe… =P Gw c mikirnya ga harus sama pas praktek biasa..

Anjriit!! Kan pH-nya 2, gw harus naekin sampe 3-4 pake CH3COONa sampe 60 tetes!! Mana itu ada ada 10 labu ukur! 600 tetes dah.. :|

Dah ah, dah beres niih bikin deretnya (terakhir beres, huhuhu)… Lanjut ke analisis, dapet Hitachi Spectrophotometer udah ramdha… Alhamdulillah, lancar c itu mah… Tapi ada yang bikin gw deg-degan pas lagi analisis.. Bu Lela (kalo ga salah nama guru baru di farmasi) nanya ke anak-anak : “Rezha, kamu mipet sampelnya berapa?””5 sama 10ml, Bu.” “Kamu, Wei?” “10 sama 25, Bu.” “Rania, kamu berapa?” (dalam hati gw, haduuuh, gw qo beda yah?) “Hmm, 10 sama 10 ml, Bu.” “Dua-duanya 10 ml, gitu?” “Iya, Bu.” (mengaduh kecil dalam hati :( ) Alhamdulillah, tuh 2 sampel, simplo sama duplo sama adsorbansinya: 0.732

Ngitung slope = 0.1823 intercept = 5.33 x 10^-5 pake kalkulator (apal bangeettt).. Naah, pas bikin grafik emang rada mencleng-mencleng c… yang 0, 0.5, sama 5.0 itu lurus… Yang 2, 3, 4 lurus bertiga… Eeeh, pas yang 6ppm udah ga linier, hehehe… Ya udah gw tarik slope dari 0.5 sampe 5 aja yang mendekati kalkulator.. Slope = 0.184 (beda dikit laaah) intercept = 0.026, trus kadarnya 19.93 ppm (kalkulator) sama 19.17 (grafik), ga beda laaah…

AI mah so far so good, dan perkiraan gw bener, maksud simplo duplo tuh mipetnya sama… Gw benerr!! :D cuma pas bikin deret aja tuh yang gw liat ada catetannya.. :( Doain ga remed… Amiin…

Jumat, 17-12-2010 ->> ORGANOLEPTIK, ANALISIS KIMIA TERPADU

AKT? AKT? AKT? Gw belajar full satu hari!!

Gw pagi-pagi OG dulu dapet uji ranking… Alhamdulillah, yang gw pengen itu kalo ga hedonik ato ga ranking… Samaan ama rimon, ehh pas ngerjain lapsusnya gw dipisahin sama Bu Sofrida gara-gara gw ngobrol mulu ama dia, hahaha… :D

Naah, AKT gw pengen dapet peroksida! Udah expert lah tentang peroksida mah! Ga ada bayangan dapet lemak ato penyabunan (maen feeling)… Dan nomor absen 8 dipanggil.. “Rania, acil!” kata Bu Dwika.. “Iya, Bu!”…

Kocok, Ambil, daaaaaaaaannnnnnnnnn….

PROTEIN HCl 11

Poker face, Poker face, Poker face (dalam hati menangis T_T) 

Gw inget-inget cara kerjanya, sebenernya c gampang (tapi ini adalah awal dari malapetaka)

Blanko berjalan dengan lancar… Tapi destilasi gw ampe ngulang 4 x!! Huhuhuhu…

Tuh destilator deket ruang asam rada-rada deuh!! Udah landai banget (hampir 30 derajat) alatnyan bBisa-bisanya sampel di destilator sampe masuk ke erlenmeyer penampung! Hijau lah HCl gw kena NaOH yang harusnya tetep merah! Ngulang tuh sekali! Pas keduanya, sampel sebelum ditambahin PP keluar, ya udah deuh gpapa dipaksain! Eh, ga merah sama sekali tuh larutan meski udah ditambahin NaOH ampe 100ml! (Ya iyalah, udah ga ada sampelnya!) Dua kali ceunah! Pas ketiga, kasusnya sama kayaq tadi: SAMPEL MALAH KELUAR! Tapi akhirnya gw nanya ke Bu Dwika, kenapa bisa gitu.. Kan masih panas, jadi tekanan dalam destilatornya masih gede, jadi kenapa sampelnya kedorong keluar… Untuk mempercepat proses pendinginan, gw lilitin serbet yang dikasih di air ke destilatornya.. Diselang ngerjain lapsus..

Alat destilator protein pas ujian

ARRGGHH! Waktu tinggal sejam lagi! Udah dingin, buru-buru gw pipet sampel trus gw destilasi, sebelumnya gw nambahin air dulu pas di bagian pemanas.. Lumayan tuh, sempet lah gw ngerjain dasar sampe perhitungan.. Eh, masalah tak berhenti sampai situ kawan! Gw ga bisa tenang gara-gara tuh sampel mau masuk lagi ke erlenmeyer! Gw kecilin apinya biar destilasinya cepet, eh malah kesedot HClnya! Gw gedein apinya biar turun HClnya, eh masuk lagi sampelnya! Stand by lah gw terus di kran gas :(

Harusnya destilasi tuh 1jam-an, gw 20 menit cuy!! Yang kedua apalagi, waktu tinggal 40 menit! Alhasil kadar yang gw dapet cuma 4% yang seharusnya minimal 40%! Udah gitu standar gw salah, lagi! Gw tulis maksimal 20% jadi sampel memenuhi standar… Itu mah standar NaCl dalam ikan asin, dudul!! 

Tapi gw dikuis ama Bu Dwika cuma 5 menit dan itu udah kayaq ngobrol biasa aja di kelas…

Entah lah apa hasil nilai praktek gw semester ini… Hopefully, it’s good…


What are you thinking about this post?

