“See you next time, Guys!”

Wisuda. Yap. Wisuda. Beneran nih gw udah wisuda? Gw udah resmi jadi alumni dari sekolah yang mencintai gw ini? (baca: mencintai dengan tugas-tugas dan laporan-laporannya).

Oh meeen, gw bukan siswa sekolah lagi! Bukan siswa yang tiap hari pake seragam putih-krem bawa tas isinya penuh sama kertas-kertas fotokopian dan laporan-laporan lagi! Bukan siswa yang berangkat saat matahari masih nyumput dan pulang waktu matahari udah bobo lagi! Bukan siswa yang harus ngumpulin laporan khusus praktek tiap bulan lagi! Bukan siswa yang hampir tiap bulan ngegantungin name-tag panitia di leher lagi! Bukan!

Alhamdulillah, tanggal 29 September 2012, 246 wisudawan dan wisudawati Angkatan 54 Negatron Chevaliers resmi dilantik menjadi ANALIS KIMIA.

“Gimana kesan dan pesannya?”

Ah, terlalu panjang kalo gw cerita di sini. Ribuan kata pun ga akan sanggup menjelaskan kesan dan pesan gw sekolah dan akhirnya lulus dengan selamat dari sekolah tercinta ini. Serius TERCINTA! Di sinilah gw belajar bertransformasi dari seorang Rania yang lugu dan childish menjadi seorang Rania yang tegar, (dalam tahap) dewasa, dan mampu bersosialisasi dengan baik. Sekolah yang mampu membuat gw pecicilan dan ga mau diem, aktif dan belajar dicintai (ceileeeeeh).

Dan di sekolah ini lah gw menemukan banyak keluarga baru: NEGATRON CHEVALIERS, PASSUS 54, PP 89, PP 910, PANITIA (di banyak event), PAWASKA, CaXe5, Serenity Nerds, Alpha-2, dan ICP 7.

Gw ga mau bilang “Selamat Tinggal” karena gw yakin kita bakal ketemu lagi dengan membawa kisah kesuksesan kita masing-masing!

“Walau berpisah, tak seharusnya kita saling mengucapkan selamat tinggal kan reds/chevs/wolves, hemm atau kupanggil ‘keluarga’ saja?” -@rakababel

Pembacaan Sumpah Analis oleh Mukti Santoso dan Julian Angelia Santoso

Pemberian selamat oleh guru-guru, orang tua, adik kelas, alumni, dan tamu undangan kepada Wisudawan/wati

Perjuangan 4 tahun untuk mendapatkan ini :’)

Kita akan menjemput kalian tahun depan, saudaraku :’)

“Bunga terakhir ku persembahkan padamu yang terindah… ” :’)

And, thanks for red-white roses, dear :)

And other documentations:

Continue reading

Negatron Chevaliers 54

Negatron Chevaliers 54

I just wanna say: “I’M PROUD OF YOU, GUYS!!”

LDR itu Bukan Hanya Jarak, Tapi Waktu

Tau istilah LDR? Yang lebih dikenal LDR itu singkatan dari Long Distance Relationship. Tapi bagi gw, LDR itu Long and Deep Relationship seperti yang udah gw tulis di sini.

Pengen curhat dikit niih. “Mamaaah, curhat dooong!”

Gw nemuin lagi kepanjangan dari LDR, yaitu: Long-time-no Direct-talk Relationship. Yang arti slengeanya: udah lama ga ngomong langsung tatap muka, saling menatap mata dan hati. Continue reading

Innocence of Muslims: Zaman Jahilliyah Era Modern

Di berita akhir-akhir ini sedang ribut dengan film Innocence of Muslims. Katanya sih ada thrillernya di Youtube, tapi saya mah ga mau liat. Sakit hati melihat idola dan panutan saya diperlakukan dengan amat tidak pantas seperti itu. Menurut berita, pada film itu Nabi Muhammad SAW digambarkan sebagai seorang penipu dan pedofil yang menikahi anak di bawah. Astagfirullahal ‘adzim. Sungguh amat jauh Beliau dari sangkaan itu semua :(

Nabi Muhammad SAW sudah di-ma’sum oleh Allah, sudah dibebaskan dari semua dosa dan kesalahan. Kasih sayang Allah selalu tercurah untuk Beliau. Continue reading

Saat Waktu Membeku

Langit berbintang temani aku malam ini
Hening…
Sunyi…
Senyap…
Alam pun sudah terbuai mimpi indah
Hanya sebuah kata
yang dapat menghangatkan dinginnya hembusan angin
Hujan telah berhenti mengguyur tanah ini

Pikirku melayang jauh
Ke sebuah tempat
Di mana ia menunggu
Detak jarum jam pun terasa lambat
Seolah tak izinkan aku tinggalkan saat ini

Hening…
Sunyi…
Sepi…
Senyap…

Tak dapat ku kembalikan
waktu sedetik pun
Andai ku bisa
Ku ingin kembali ke beberapa menit yang lalu
mengulang kembali masa itu
Andah ku bisa

Tapi waktu terus berputar dan terus berputar
Tak biarkan aku menengok masa lalu
Biarlah, waktu ini menjadi kenangan indah
Tak kan pernah ku lupa selama sisa hidupku

Bintang yang membisu,
Sampaikanlah perasaanku
Sebelum fajar menyongsong
Dan lenyapkan hari ini

Angin yang tak bergeming,
Hembuskanlah ucapan selamat tidur
Jagalah ia sampai hari ini berganti esok
dan membuka harapan baru…

DD sayang KK…

Bogor, 9 September 2008
22:43

Begadang oh, Begadang

 ♪ Begadang jangan begadaaaang~ Bila tak ada artinyaaa~ Begadang boleh sajaaaa~ Bila ada perlunyaaa~ ♪


Udah lama ga begadang semenjak beberapa bulan yang lalu gara-gara ngerjain tugas. Biasanya waktu sekolah hobi banget begadang! Entah itu ngerjain lapsus gara-gara besok dikumpulin, ngerjain tugas yang deadlinenya barengan, ngebut bikin proposal besok harus diserahin ke kesiswaan, ato ga yang paling sering itu bikin slide power point buat presentasi.
Continue reading

#cumadiSMAKBO

Di social media twitter lagi pada maen hestek #cumadisekolahmasingmasing nih. Ada yang ngtwit tentang pengalamannya di SMP, SMA, dan sekolah lainnya.

Berhubung gw *ehm* alumni SMAKBO *ehm* tercinta, gw juga sempet ngtwit pake hestek #cumadiSMAKBO juga. Di twitter pun banyak yang ngtwit serupa. Pas gw klik, kebanyakan yang ngtwit username-nya ga gw kenal. Kayaknya anak-anak 58 yang masih unyu-unyu kenal kehidupan di sekolah ini belom genap 2 bulan dan baru terkontaminasi sekitar 0.0001 ppm, masih di bawah LDI malah, hahaha. Apa itu LDI? Cuma anak kimia yang tau, huehehe. Terus ada juga anak 57, 56 yang udah rada senior, yang udah pengalaman laaah ngerasain asem-basanya NIS nongkrong di jajaran remed.

Gw ikutan maen juga aaah biar disangka muda *ga inget umur -___-* Biar puas, gw tulis di sini aja deh.

Berikut adalah #cumadiSMAKBO versi gw dan versi-versi lainnya.

#cumadiSMAKBO yang MOSnya (sekarang MOPD istilahnya) kayak Master Chef :| Mental meeen! But it’s sooo unforgetable!

#cumadiSMAKBO sekolah yang punya ‘Benteng Takeshi’

#cumadiSMAKBO wisuda SMA tapi setaraf perguruan tinggi, lebih mantep malah, AMAZING! \m/

#cumadiSMAKBO lu bisa diremed sampe 3x udah gitu remed istimewa lagi :|

#cumadiSMAKBO GA REMED itu GA GAUL :p

#cumadiSMAKBO lu bisa seenaknya campur ini-itu di lab

#cumadiSMAKBO sekolah yang bisa niup-niup kaca, narik-narik kaca, ngebengkokin kaca tanpa harus pergi ke banten (sayang, MK udah ga ada ): )

#cumadiSMAKBO cinta bersemi di putih krem, bukan di putih abu-abu B)

#cumadiSMAKBO diMOS sama alumni #IfYouKnowTheStoryBehindIt

#cumadiSMAKBO ada guru yang imut-imut dan unyu-unyu #IfYouKnowWhoIMean

#cumadiSMAKBO guru-guru yang udah pensiun tapi masih menggebu-gebu buat mengajar :’)

#cumadiSMAKBO ada istilah LapSus

#cumadiSMAKBO jadwal libur tiap kelas bisa beda-beda

#cumadiSMAKBO tanggal liburnya beda sendiri :/ jadi ga bisa maen sama anak-anak yang di SMA

#cumadiSMAKBO MOSnya duluaaaaan dari yang lain!

#cumadiSMAKBO yang sekolahnya kayak kuliah, calon profesor coy!

#cumadiSMAKBO sekolah yang ngelab bisa seharian full

#cumadiSMAKBO yang bebas keluar masuk gerbang kapan aja :p

#cumadiSMAKBO muncul tuyul-tuyul musiman setiap bulan Juli #IfYouKnowWhatIMean

#cumadiSMAKBO mainnya per-angkatan, bukan per-kelas (kangen euforia PORSIP ih)

#cumadiSMAKBO yang jalan-jalannya cuma 4 taun sekali (lah emang di kelas 4)

#cumadiSMAKBO ada anak serigala, anak rusa, anak burung, anak kuda, dll ikutan sekolah

#cumadiSMAKBO sekolah yang ga ada OSIS (adanya PP, cmiww)

#cumadiSMAKBO tanggal muda ga ada upacara

#cumadiSMAKBO bisa maen perosotan di sekolah

#cumadiSMAKBO ada ruangan kayak rumah sendiri: GARUDA (I’ll sooo miss it :’) )

#cumadiSMAKBO gw menjalani masa-masa SMA(K) *iyalaaaah*

#cumadiSMAKBO sekolah yang labnya banyak banget

#cumadiSMAKBO MOSnya ngangkat-ngangkat tangan sampe berenang di GSG, huahaha! *edisi anak acara*

#cumadiSMAKBO MOSnya nyanyi :|

#cumadiSMAKBO orang bogor bisa ikutan ngekos padahal smakbo itu di bogor :|

#cumadiSMAKBO bayaran per-bulan cuma 85ribu (bandingin ama sekolah lain deh)

#cumadiSMAKBO MOS itu bukan seminggu doang, tapi 4 taun (MOS buat kerja)

#cumadiSMAKBO alumni itu masih akrab sama ade-ade kelasnya yang masih sekolah (go HASKA!)

terakhir, #cumadiSMAKBO lu bakal dapetin hal yang berbeda, tak terlupakan, dan amat sangat berguna di masa depan, ga nyesel jadi alumni SMAKBO (:

Ada yang ingin menambahkan?

Ikhlas itu Penuh Berkah

“Kretektek, kreteeeeek”

Bacanya jangan: “Ketektekk, Keteeeek”. Itu ceritanya bunyi sendi-sendi tangan gw yang lagi pemanasan.

Sebelumnya, maaf nih kalo telat. Selamat Idul Fitri 1433 H, mohon maaf lahir batin, maapin gw yaaah kawan-kawan, gw hanyalah anak kecil yang selalu ngerusuhin makanan kalian, ngerecokin makan siang kalian, dan yang masih harus banyak belajar tentang artinya hidup di dunia ini. Semoga kita dipertemukan lagi dengan Ramadhan taun depan. 0:0 lagi, ok? :’)

***********************************************************************

Pas lagi nyapu rumah pagi-pagi hari ini, gw teringat tentang kejadian yang bikin gw amazed sampe sekarang. Pengalaman ini terjadi waktu gw masih PKL sekitar bulan Desember taun lalu. Waktu gw lagi ngobrol-ngobrol sama Iro, temen sekamar gw di kosan. Hampir tengah malam kala itu. Kita lagi sesi curhat, sharing, gitu. Kebiasaan kita berdua kalo ngobrol nyampe tengah malem lewat sambil ngeliatin Ratih monolog dalam tidur (baca: ngigo).

Gw nanya ke Iro.

Continue reading

Cipta dan Rasa

Udah lama yah gw ga mampir ke blog gw sendiri “Huf! Huf!” *ceritanya niupin debu*

Jujuuurrr, aaku tak kuasaaa~ Jeilah malah nyanyi, haha… Jujur, gw lagi ga ada bahan buat postingan kali ini, jadi ini yaaah sekedar merenggangkan otot-otot jari gw menari di atas keyboard, berseluncur di atas tuts-tuts huruf, dan menggoyangkan sedikit imajinasi gw.

Apa gw bikin puisi aja yah? Udah lama ga bersastra ria | “Lah, terserah lu. Blognya punya lu.” | Oh iya *ngomong sendiri* *jedotin kepala ke monitor*

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>-~-<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Luruh, semua rasaku luruh
Menjadi sebuah genangan peluh
Yang lelah menunggu untuk mengayuh
Semua asa yang tak tergapai jauh

Jenuh, apakah kau tau apa itu jenuh?
Ketika dirimu tak kuasa menjauh
Tapi hatimu bersikeras berpegang teguh
Pada sebuah ikatan yang hampir tak dapat kau rengkuh

Tapi kasihku, janganlah kau berpikir bahwa rasaku luruh
ataupun diriku jenuh
Aku hanya rapuh
Sedikit goncangan mungkin dapat membuatku terjatuh
Terjerembap, tersungkur, tertatih patuh

Sayangku, rasaku ini hanyalah privasi semata
Yang pantas kita bicarakan hanya berdua
Di sebuah duduk santai suatu senja
Sembari memandang kebun hijau di pelataran rumah mungil kita
Bercengkrama riuh rendah penuh cinta
Saling menatap ke dalam kedua bola mata
Dan terpantullah sinar kasih yang ku harap untuk selamanya

Kasihku, sungguh dengan rasa ku untai cipta ini
Penuh rasa rindu yang entah kapan berlabuh pasti
Bilangan waktu dan ruang dimensi kini
Terpaksa terpisah sampai waktu yang ditentukan nanti
Ku harap, engkau sabar untuk menanti
Aku pun demikian, sayang, di sini
Mengulum sulaman doa terjahit di hati
Begitulah caraku untuk memelukmu dari jauh, dari sini

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>-~-<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

LULUS?!?!

LULUS?!?! Apaan nih? Kata yang berarti apa ini?!

Perjuangan gw selama 4 taun memahami seluk beluk kimia dari yang dasar sampai membuat kita ke dasar tanah (baca: gogoleran di tanah saking ga ngertinya) di sebuah sekolah yang AJAIB ini berhenti pada tanggal 26 Mei 2012 kemaren! What the f*piiiip*!! *ga percaya*

Eh lupa, Alhamdulillah gw udah dinyatakan LULUS dari sekolah ini :’D
Status udah bukan SISWA lagi tapi LULUSAN, belum jadi alumni siih kan belum di wisuda?

“Kapan wisudanya?”

Insya Allah tanggal 29 September 2012 :)

“Lancar yaah…”

Amiiin, makasih doanya :’)

Perjalanan gw dan temen-temen seperjuangan gw sebanyak 245 orang ini ga selalu mulus, masbroo!
Ada masa-masa ketika kita:

Enek yang namanya belajar, ujian, hapalan, praktek, tugas. Belum lagi tu LAPSUS (singkatannya, mau LAPoran khuSUS ke, LAPoran sampe m*mPUSSS ke, LAPoran copas terUUSSSS ke, terserah anda) yang bejibun selalu menghantui setiap minggu.

Kalo ujian yang pasti sebulan lamanya (seminggu praktek, seminggu teori, 2 minggu remed), pada ngandelin SKSSMK (Sistem Kebut Sejam Sebelum Masuk Kelas) dan antara bayang remedial atau lulus, pengen ngasih sembako ke guru yang buat soal kalo keluar kelas dengan berseri atau dendam pengen mutilasi kalo ngertiin soal aja susah apalagi ngejawabnya -___-a

Ngeliat papan pengumuman remed di bentak. Kalo NIS atau nama kita ga tembus alias KAGAK REMED itu serasa terbang ngebelah atmosfir berlapis-lapis, meluncur bareng paus akrobatis, terus menuju rasi bintang paaaaaling manis!

Tapi kalo kedapetan ga sengaja (entah takdir atau nasib) NIS atau nama nongol di papan pengumuman remed itu rasanyaaa kayak  udah terbang ke atmosfir tapi dibanting lagi ke dasar bumi yang berlapis-lapis, ditiban sama tu paus akrobatis, dicakar monyet eksotis, diinjek gorila narsis, terus dijerumuskan ke kerak neraka paaaaaling sadis!

Ato ga pas lagi asik-asiknya ujian praktek, tiba-tiba disamperin sama pengawas terus jabat tangan dan pengawasnya ngomong, “Selamat, kita ketemu lagi waktu remedial!”

Ada lagi masalah cinta yang bikin hati berbunga-bunga, di mana ada aku pasti di sana ada dia, seolah bagaikan seiya sekata, berduaaan mulu.

Tapi kalo udah putus itu, pengen banget nendang jauh-jauh dari bumi biar ga mengorek luka lama *ehm*

Tapi, semua ini bisa kita lalui dengan penuh kesabaran, perjuangan, cinta, dan kasih sayang #emaap. Walaupun dengan berat hati kita harus meninggalkan beberapa teman seperjuangan kita di belakang untuk lulus bersama kita. Life must go on and our prays will always with you, dudes :’)

Mari kita bersama-sama berdoa, semoga Angkatan 54 ini semakin dewasa, bahagia, dan sukses dunia akhirat.

“Aaamiiinn…”

Oh iya, kalo ada yang mau nikah, undang-undang yee :p

Congratulation for RED WOLFS, selamat nunggu wisuda buat gw, lu, dan kita semua. Love is not you or me, but US :D

Ini dia sekelebat foto-foto yang diambil waktu abis kelulusan bersama temen-temen sekelas gw *walaupun ga semua* :

Sama Nur ‘Wulan’ Fiani, Partner Gravi gw yang selalu kalem dan tenang :D

Yang ini sama Nita ‘Zuntha’ Puspitasari, partner Instrument yang selalu bikinin bagan kerja gw, hehe, makasih yah nitaa :*

Naah, ini nih ama PARTNER IN CRIME Volumetri gw: Arief “Om Blunz’ Rahman, pintu loker ga pernah digembok, tapi alat ga pernah ilang, hihihi :p

Ini barengan ramean ama anak-anak :D

Little Party di PH Pajajaran, sebenernya nyampe 3 meja full, ini meja yang ada gw nya, muehehe :p